15 Feb 2017

Recep Tayyip Erdoğan, itu siapa?

Sumber: cnnindonesia.com

Oh siapakah dia? Ada sebagian orang yang mungkin asing dengan nama ini. Yang mana sebagian lainnya bahkan langsung mendecakkan lidah ketika mendengar namanya. Ia menjadi sosok panutan baru pemimpin muslim era modern. Sosok panutan sebenarnya. Jadi siapa dia?


Dia adalah Presiden Turki yang menjabat sejak tahun 2014. Sebelumnya ia menjabat sebagai perdana menteri Turki sejak tahun 2003 hingga 2014. Menang dengan fantastis di pemilu Turki 2014, Erdogan membuat gebrakan pada politik Turki di sana sini.

Tidak hanya singa di kandang, Erdogan juga orang paling vokal dan lantang pada sidang PBB dalam hal peperangan di Timur Tengah dan pembelaan terhadap Palestina. Ia mengatasi kudeta militer tahun 2016 hanya lewat himbauan dan tweet kepada warga negaranya untuk turun ke jalan guna menghentikan kudeta. Kebetulan ia saat itu sedang berada di luar negeri.

Tahun 2010, Erdogan menjadi muslim nomor 2 paling berpengaruh sedunia. Dalam kepemimpinannya, Turki menjadi negara paling cepat dan paling baik dalam mengurusi para pengungsi dari Suriah dan daerah konflik lain. Di kala negara lain bungkam, Erdogan bersuara dengan lantang di forum Internasional. Sosok panutan yang sebenarnya.


“Dunia lebih besar dari hanya lima negara*. Takdir 200 negara tidak bisa ada di tangan lima negara ini. Kita harus mengangkat masalah ini. Media selalu mengkritik kami. Saya tidak peduli. Saya akan tetap membela kebenaran...”
“...Kami tidak pernah mengeluh dan tidak akan pernah mengeluh. Kami telah mengeluarkan bantuan sebesar US$6,5 miliar untuk melakukan yang terbaik sampai mereka bisa hidup dengan sejahtera.”
*lima negara yang dimaksud adalah lima negara Dewan Keamanan PBB
--Erdogan, Pembukaan G20, 3/9/2015--



16 Februari 2017,
Muhammad Ashobta Azry
2416100107

Teknik Fisika 2016