4 Okt 2016

[Jurnal] UKM Expo Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Salah satu acara yang paling ditunggu oleh mahasiswa baru ITS. Wadah bagi UKM ITS untuk mencari bibit-bibit baru pengurus UKM masa depan. Wadah bagi para pedagang dan para pemburunya. Serta ajang unjuk kebolehan masing-masing UKM. Apalagi kalau bukan UKM Expo.

(Sumber: OA Line UKM Expo)
Sebelumnya penulis ingin memperkenalkan diri. Nama: Muhammad Ashobta Azry, NRP: 2416100107, Jurusan Teknik Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
 
Hari pertama UKM Expo, 1 Oktober 2016, sore hari mulai terlihat suasana meriah dan ramai melingkupi Taman Alumni ITS sebagai arena UKM Expo. Para mahasiswa baru juga dengan antusiasnya mengantri di depan stan-stan UKM untuk mendaftar atau hanya sekedar bertanya-tanya.
(Sumber: OA Line UKM Expo)
Untuk hari pertama, penulis pertama kali mengunjungi stan UKM Penalaran. UKM yang satu ini merupakan salah satu UKM yang banyak disebut dan disanjung oleh dosen, terutama dari pengalaman penulis sendiri yaitu dosen-dosen Teknik Fisika. 

Kesan keilmuan sangat terasa walau dengan stan yang sederhana. Buku-buku dipamerkan di sekeliling stan. Beberapa mahasiswa baru terlihat bertanya-tanya tentang UKM ini kepada salah satu pengurus UKMnya. 

Karena penulis merasa masih tertarik dengan UKM lain, maka perjalanan kembali dilanjutkan. Jika diperhatikan sekeliling, tampak para pengunjung UKM Expo lebih tertarik dengan stan-stan UKM daripada acara yang berlangsung di panggung utama. Apalagi ketika suasana mulai berubah hujan. Namun walau dalam suasana basah dan penuh lumpur, aliran mahasiswa baru nampak terus mengalir masuk ke dalam UKM Expo.

Merasa cukup puas berkeliling dan karena memang hujan yang semakin deras, penulis memutuskan untuk mengakhiri kunjungan UKM Expo hari pertama.

Hari kedua (Minggu, 2 Oktober 2016) hujan turun lebih awal dari kemarin. Walaupun memang suasana meriah tetap terasa, terlihat dari meja registrasi yang tetap penuh walau sudah menunjukkan pukul tujuh malam. 

Kedinginan dan memang ada jam kuliah pagi keesokan harinya, penulis bergegas mengunjungi beberapa UKM untuk mendaftar yang beberapa di antaranya adalah IAC (ITS Astronomy Club), Kopma dr. Angka, Perisai Diri, dan Penalaran.

Penulis lalu memutuskan mengakhiri malam dengan wisata kuliner yang menyempurnakan rangkaian kunjungan UKM Expo 2016.
(Sumber: OA Line UKM Expo)
Penulis,
Muhammad Ashobta Azry
NRP 2416100107